Rabu, 22 Februari 2012

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER


Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :

1.    Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu :

a. Berdasarkan distribusi sumber informasi / data :

-  Jaringan terpusat
   Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi / data yang berasal dari satu komputer server.

      - Jaringan terdistribusi
  Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

b. Berdasarkan jangkauan geografis, dibedakan menjadi :

  -  Jaringan LAN
 Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer ( workstation ) atau lebih yang menggunakan peralatan bersama dan saling bertukar informasi. Jaringan ini dibagi 2, jaringan Broadband LAN dan Baseband  LAN. Untuk Broadband LAN  satu kabel dapat digunakan untuk lebih dari satu saluran. Untuk Baseband LAN satu kabel hanya untuk satu buah  saluran untuk menunjang transmisi digital yang lebih cepat. Contoh yang menggunakan LAN seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

-  Jaringan MAN
  Jaringan MAN merupakan jaringan LAN yang lebih besar yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

-  Jaringan WAN
  Jaringan WAN merupakan jaringan dengan cakupan sebuah negara atau benua. Pada sebagian besar WAN, komponen yang digunakan dalam komunikasi terdiri dari kabel transmisi dan kabel switching. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

-  Jaringan PAN
  Jaringan PAN adalah jaringan komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lain dalam jarak dekat. Contohnya IrDA, Bluetooth.

c. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data :

  -  Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 komputer server dan beberapa komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

   - Jaringan Peer-to-peer
 Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

d. Berdasarkan media transmisi data :

     -  Jaringan Berkabel (Wired Network)
  Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam  mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
- Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
  Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

2.      Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas 2 macam :

a.    Topologi fisik

Jaringan dengan topologi bus ini disebut juga dengan linier bus karena dihubungkan hanya dengan  satu kabel yang linier. Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Kabel yang umum digunakan adalah kabel coaxial. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Jaringan dengan teknologi ini berbentuk seperti bintang. Hubungan antar node diperantarai oleh switch / hub atau disebut dengan concentrator. Kabel umum yang digunakan adalah kabel UTP cat 5. Kelebihan dari topologi bintang adalah kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut, tingkat keamanan termasuk tinggi, tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk, penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah, akses kontrol terpusat, kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan, dan paling fleksibel. Sedangkan kekurangan dari topologi bintang adalah jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti, boros dalam pemakaian kabel, HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat, terlalu penting hub sehinga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down, jaringan tergantung pada terminal pusat, jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat, dan biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring.

Pada topologi ini setiap node saling berhubungan dengan node lainnya sehingga membentuk ring. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. Kabel yang umum digunakan adalah kabel UTP cat 3. Kelemahan topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat satu gangguan di suatu node maka semua jaringan akan terganggu. Kelebihan topologi cincin adalah tidak terjadi collision ( tabrakan pengiriman data ) karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada saat yang bersamaan.

- Topologi mesh / pohon
Topologi ini merupakan gabungan dari kombinasi tiga topologi yang ada. Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

b.        Topologi Logik

-   Bus
Sistem ini menggunakan metode broadcast ke jaringan untuk komunikasi data dari node ke node. Tiap node akan menerima broadcast ini dan akan diabaikan jika memang bukan tujuannya.

-   Ring
Sistem ini menggunakan metode token – passing dimana data yang dikirim akan berputar dari node ke node sampai node tujuan ditemukan.



Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar