Rabu, 22 Februari 2012

JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer ( jaringan ) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer - komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya ( printer, CPU ), berkomunikasi ( surel, pesan instan ), dan dapat mengakses informasi ( peramban web ).
Tujuan dari jaringan komputer adalah :
·         Mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim ke sisi penerima.
·         Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
·         Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
·         Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan ( service ).  Pihak yang meminta / menerima layanan disebut klien ( client ) dan yang memberikan / mengirim layanan disebut host ( server ). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
Manfaat jaringan komputer adalah :
v  Resource Sharing, dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama - sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km  jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah - olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
v  Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber - sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
v  Menghemat uang, komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga / kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira - kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil / pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga / kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer - komputer pribadi.
v  Media komunikasi, jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan / informasi yang penting lainnya. Dengan demikian orang yang jaraknya berjauhan akan lebih mudah untuk bekerja sama.
v  Pengembangan dan Pemeliharaan, dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah, karena adanya kemampuan berbagi peralatan melalui jaringan. Jaringan komputer juga dapat memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya.
Prinsip Komunikasi Data adalah :
ü  Komputer host, adalah komputer yang berfungsi sebagai penyebar informasi / data. Host dapat berupa komputer mainframe / komputer mini.
ü  Komputer receiver, adalah komputer yang berfungsi sebagai penerima informasi.
ü  Data, adalah objek dari proses komunikasi yang terjadi dalam jaringan antara komputer host dan komputer receiver.
ü  Protokol komunikasi, adalah peraturan – peraturan yang ditetapkan dalam jaringan dengan tujuan untuk mengatur komunikasi data.
ü  Komponen transmisi, dilakukan implementasi terhadap komponen transmisi seperti kabel penghubung, modem, dan sebagainya. 


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

7 komentar:

  1. warnya hitam kurang jelas cik :)

    BalasHapus
  2. wkakwkak
    ya itu
    saya bingung ngubahnya
    wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sama dong :)
      hahahaha
      coba aja itu kamu copy dulu ke word terus warnanya diganti baru kamu post ke blog
      hehehe
      ndak tau bisa apa ndak :P
      pisss

      Hapus
  3. wkakkwkak
    nah itu udah tak gnti"
    wkakwkka
    thx thx
    wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan di new post ada settingan wat ganti2 to?
      cri yg gmbr pensil klo ndk salah
      :)

      Hapus